Kamis, 10 Januari 2019

Manfaat Kopi dari Kementerian Pertanian


Kopi, siapa yang tidak kenal. pasti sudah banyak yang tahu. Tapi tahukah kamu bahwa kopi punya banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Menurut cuitan Kementerian Pertanian ada beberapa manfaat kopi sebagai berikut :



Kopi mencegah depresi
Saat sedang jenuh, cobalah minum kopi. Aroma kopi yang khas bisa menjadi stimulasi dan aroma terapi untuk menghilangkan stress. Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan

Kopi memperlancar metabolisme tubuh
Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

Kopi meningkatkan daya ingat
Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak tempat kafein akan memblokir adenosine sehingga neurotransmitters, seperti norepinephrine dan dopamine, bertambah. Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

Kopi meredakan sakit kepala
Dalam penelitian para ilmuwan dari Boston Children's Hospital memberi tikus-tikus di laboratorium obat penghilang rasa sakit dan kopi.
Mereka melihat tikus yang diberi kopi cenderung mengeluarkan efek dopamin (hormon bahagia) sehingga mampu meredakan rasa sakit.
"Hal ini mirip dengan efek yang membuat kita terjaga di malam hari usai minum kopi," kata ahli fisiologi, Dr Chloe Alexandre, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (10/5/2017).
Pengamatan ini menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit bisa mencoba minum kopi untuk mengurangi gejalanya

Kopi mencegah kanker kulit
Kafein dalam kopi telah dilaporkan dapat menghambat karsinogenesis atau pembentukan kanker kulit akibat sinar UV. Asupan kafein dapat memperlambat apoptosis atau kematian sel yang rusak akibat sinar UV, meningkatkan eliminasi DNA sel yang rusak, dan mengurangi peradangan sehingga tidak menjadi sel kanker. Selain itu, kafein juga dapat menghambat metastasis atau penyebaran sel kanker melanoma. Oleh karena itu, memperbanyak asupan kopi dipercaya dapat mencegah perkembangan melanoma.

Kopi memperlancar diet
Dalam buku “The Coffee Lover’s Diet,” penulis sekaligus konsultan kesehatan Bob Arnot menjelaskan bagaimana secangkir kopi bisa membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, mengurangi efek buruk makanan berlemak, sekaligus membantu membakar lebih banyak kalori. “Efek pertama yang harus diperhatikan adalah peningkatan metabolisme,” kata Arnot. “Anda akan membakar 100 kalori lebih banyak bila minum kopi dibanding bila tidak.” “Kedua, bila kita minum kopi sebelum berolahraga atau beraktivitas, tubuh kita akan membakar lebih banyak asam lemak bebas,” lanjutnya. Selain itu, Arnot mengklaim bahwa di samping membakar lemak, kopi bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan laju metabolisme. Oleh karena itu, bagi mereka yang sedang berdiet, menurutnya baik bila kopi diminum setelah makan, sebelum mandi, dan sebelum berolahraga. Dengan syarat, yang diminum adalah kopi hitam tanpa gula dalam keadaan panas. “Kopi yang diminum setelah menyantap makanan berlemak, bisa menurunkan penyerapan lemak dan gula oleh tubuh,” katanya.

Kopi mencegah penyakit jantung
Riset dari peneliti di Baker Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia, melaporkan bahwa kafein dapat membantu melindungi kita dari masalah jantung yang mematikan. Untuk membuktikan hal ini, para ahli menganalisis serangkaian penelitian yang mengamati asupan kafein dan dampaknya pada aritmia atrium dan ventrikel. Hasilnya, kafein ternyata mampu menghalangi efek adenosin atau zat kimia yang dapat meningkatkan risiko irama jantung yang abnormal. Dilansir dari laman The Independent, beberapa hasil riset yang dijadikan dasar analisis dalam penelitian ini, yaitu: - Riset yang melibatkan 228.465 orang dan menunjukkan bahwa risiko fibrilasi atrium - suatu kondisi yang menyebabkan detak jantung tidak teratur dan abnormal - turun enam persen pada orang yang minum kopi secara teratur. - Riset yang meneliti 115.993 pasien dan menunjukkan pengurangan risiko sebesar 13 persen. - Riset acak dari 103 pasien serangan jantung, yang diberi 353mg kafein per hari, juga menunjukkan peningkatan denyut jantung. Bahkan, riset tersebut tidak menunjukan gejala aritmia yang signifikan.

Meskipun banyak manfaat dari kopi, namun jangan berlebihan dalam meminum kopi. Pada dasarnya setiap individu mempunyai batasan asupan kafein yang berbeda-beda. Ada orang yang cocok dengan kopi, dan ada juga yang tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Mining Bitcoin Manfaat buah jeruk http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Blog Tips