Selasa, 31 Desember 2019

Gunung Prau Dieng Tempat Paling Asik Menikmati Sunrise


Gunung prau dieng, baru-baru ini menjadi primadona baru bagi para pendaki gunung. Padahal jika di bandingkan dengan pegunungan lain dipulau jawa, gunung prau ini memiliki ketinggian yang sedang dengan jalur yang tidak begitu sulit.

sunrise di prau by @ahmadd_wahid


Gunung prau memiliki ketinggian 2.565 sekitar mdpl, termasukd alam gunung dengan ketinggian sedang, dibanding dengan beberapa gununng yaitu , Sindoro,Sumbing, Slamet dan  Unggaran. Tapi ada hal yang menarik di gunung prau yaitu fenomena sunset dan sunrise nya.


Pemandangan di Prau by @sunflowerns_

 Lokasi dan rute menuju gunung prau dieng

Gunung prau sendiri berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal. Karena Bentuk gunung prau ini yang memanjang seperti perahu.

Karena jalur pendakian yang paling terkenal dan singkat adalah dari arah wisata alam dieng, maka banyakpendaki yang menyebut gunung prau ini masuk dalam area wisata dieng.

Untuk mendaki gunung prau ada 2 jalur utama yang sudah sering di lewatioleh pendaki, Selain sudah tersedia pos-pos pemantau pendaki, jalur nya pun sudah banyak di kenal. Jalur pertema adalah melewati  Jalur utara.

  • Jalur utara pendakian bisa di mulai dari Kabupaten Kendal, Yaitu jalur pendakian Desa Kenjuran yang terletak di Kecamatan Sukoreja. Jalur pendakian dari jalur kenjuran sendiri memakanw aktu kurang lebih 6 jam perjalanan. Rute Yang dilewati sedikit agak terjal.

  • Jalur pendakian kedua dan yang paling ramai adalah Jalur selatan yaitud ari wisata alam dieng, Pendakian bisa di mulai dari Dieng atau Desa Patak Banteng, sebuah desa yang berada di sebelum pintu masuk dieng.Pendakian gunung prau melewati jalur dieng sedikit lebih ringan sekitar 3 jam pendakian.Untuk jalur pendakian melewati desa patak banteng, terdapat 3 pos selama pendakian. Di pos-pos tersebut para pendaki bisa istirahat untuk mengumpukan tenaga dan mendirikan camp jika akan melanjutkan pendakian beberapa waktu. Biasanya di setiap pos ada petugas yang berjaga dan siap memberikan pertolongan jika para pendaki mengalami kesulitan.

Sunrise gunung prau dieng

Gunung prau dieng memang sering di anggpa sebelah mata bagi para pendaki profesional, mungkin karena jalur pendakian gunung prau yang terlalu mudah dan ketinggian nya yang masuk dalam kategori medium.

Tetapi setiap pendakian yang dilihat bukan hanya tingkat kesulitan dari gunung yang di daki, dan  berapa ketinggian gunung itu. Hal yang paling penting adalah pengalaman dan tentunya fenomena alam yang indah yang akan kita dapat.

Sunrise gunung prau, itulah yang banyak dicari  oleh para pendaki gunung prau. Siapa yang tidak mengenal keindahan sunrise gunung prau. Sunrise yang memiliki karakteristik kuning keemasan dengan semburat warna biru langit menjadikan sunrise gunung prau termasuk sunrise yang indah.

Menurut informasi yang bagikabar dapat dari warga sekitar dieng. Sunrise terbaik gunung prau ini akan muncul ketika peralihan di bulan desember dan januari. Karakteristik sunrise di bulan itu adalah Matahari yang buat dengan garis tepi jelas, cahaya merah kekuningan yang indah, berbaur dengan biru langit  dan cuaca langit yang benar-benar bersih dari awan ataupun mendung.

Selain keindahan sunrisenya, gunung rau juga terkenal dengan bukit teletubies nya, yaitu sebuah view sabana di atas gunung prau dengan bukit setengah lingkaran kecil2 seperti pada kartun anak-anak teletubies. View bukit teletabies paling bagus ketika pagi hari dengan sedikit kabut yang menyelimuti.

1 komentar:

  1. Daftar Online sekarang yah , Terbaik KEMUDAHAN TRANSAKSI, RAMAH, CEPAT, AMAN di website Link alternatif bento4d setiap saat Bonus Discountcashback di merchant, nyaman pastinya.

    BalasHapus

Aplikasi Mining Bitcoin Manfaat buah jeruk

Blog Tips