Jumat, 11 Januari 2019

Berapa cangkir kopi dalam sehari yang baik untuk kesehatan?

Dikutip dari NPR, sebuah studi terbitan Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa konsumsi kopi lebih dari 28 cangkir per minggu — rata-rata 4 cangkir setiap hari — adalah porsi yang berlebihan, setidaknya bagi Anda yang berusia kurang dari 55 tahun (dengan faktor yang membatasi adalah merokok). Peneliti menemukan bahwa pria dewasa muda yang mengonsumsi lebih dari 28 cangkir kopi per minggu memiliki peningkatan risiko terhadap kematian dari semua penyebab (masalah jantung, tekanan darah tinggi, dst) sebanyak 56 persen. Sementara wanita peminum kopi berat memiliki peluang lebih dari dua kali lipat dari risiko kematian.

Image from : https://pxhere.com/id/photo/787062

Secangkir kopi didefinisikan sebagai 8 ons kopi (240 ml). Sementara itu, studi menunjukkan bahwa konsumsi yang sama tinggi pada golongan lanjut usia tidak menunjukkan pengaruh apapun. Studi ini menunjukkan bahwa menghirup dua-tiga gelas kopi per hari masih tergolong dalam batas wajar dan sehat, dan mungkin membawa keuntungan. The Huffington Post mengutip lima studi terpisah — jurnal PLOS ONE, NCBI, Nature, dan NRC Research — yang kesemuanya mendukung teori di atas. Masing-masing studi ini menemukan bahwa manfaat kesehatan dari kopi, mulai dari mengelola gejala disfungsi ereksi (termasuk pada pria obesitas dan hipertensi); melawan radikal bebas dan mendorong pertumbuhan sel baru; penurunan risiko penyakit kardiovaskular, masalah pencernaan, dan penyakit neurodegeneratif beserta turunnya risiko kematian akibat penyakit-penyakit ini; penajaman memori jangka panjang; hingga menunjang performa olahraga dan daya tahan tubuh.

Benang merahnya: manfaat ini dapat Anda capai jika membatasi konsumsi kopi hanya 2-3 cangkir per hari. Tapi, sekali lagi yang harus Anda ingat, dengarkan tubuh Anda. Jika Anda menumpukan hidup pada bergelas-gelas kopi untuk dapat berfungsi normal, maka Anda bukan lagi menikmatinya — justru akan terperosok pada risiko kesehatan berbahaya. Anda hanya akan merusak keseimbangan hidup Anda. Sebagai manusia yang produktif, Anda pasti akan membutuhkan waktu tidur yang cukup, mengurangi stres, makan lebih baik, dan mengendalikan asupan kafein.

 sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Mining Bitcoin Manfaat buah jeruk

Blog Tips