Jumat, 11 Januari 2019

Minum kopi sehat jika tanpa gula

Kopi tidak lagi menjadi pilihan yang sehat jika secangkir minuman hangat anda sarat dengan gula. Jika Anda lebih memilih minuman kopi trendi yang dibubuhi krim, gula, sirup, dan menara whipped cream, maka risikonya bahaya kesehatan dari kopi akan mengalahkan nilai manfaatnya. Bukan hanya kalori yang memiliki andil di sini, namun minuman-minuman ini mendapatkan sebagian besar kalori mereka dari gula tebu dan sirup jagung yang tinggi akan kandungan fruktosa (juga, lemak susu). Gula sederhana seperti ini telah dikaitkan dengan sejumlah gangguan metabolisme, dan diduga memiliki kontribusi terhadap asal muasal penyakit jantung dan kondisi medis serius lainnya.

image from : https://pxhere.com/id/photo/801546


Setiap satu sendok tambahan pemanis dalam kopi dapat meningkatkan surplus kalori yang bertanggung jawab untuk mengembangkan sel lemak. Misalnya, secangkir vanilla latte mengandung 150 kalori, terdengar sepele, namun dengan tambahan begitu banyak gula dan sirup, tambahan kalori setiap hari ini melampaui apa yang tubuh benar-benar butuhkan untuk mendukung berat tubuh ideal Anda, dan justru menambahkan 5-7 kg berat di lain waktu Anda menimbang berat badan.

Berikut beberapa alasan agar kita minum kopi tanpa gula

 1. Merusak cita rasa kopi itu sendiri
Sejatinya setiap jenis bijih kopi punya kekhasan rasa masing-masing. Ada yang asam, buah, pahit, rempah, hingga manis. Rasa khas ini akan muncul saat proses pengolahan bijih kopi. Mulai dari penanaman, hingga proses roasting bijih. Rasa manis yang khas juga akan muncul saat proses roasting. Hal ini lazim disebut proses karamelisasi. Jika ditambah dengan gula, hal ini akan merusak cita rasa kopi itu sendiri.

2. Kopi tanpa gula dapat mencegah penurunan fungsi syaraf 
Kopi memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya mencegah penurunan fungsi syaraf. Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula terbukti secara kognitif mampu mencegah risiko penuaan yang berhubungan dengan saraf. Selain itu, kandungan flavonoid dalam kopi tanpa gula juga dapat mencegah penyakit akut.

3. Kopi tanpa gula dapat meningkatkan daya ingat lebih maksimal 
Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di John Hopkins University, Amerika Serikat, mengkonsumsi kopi tanpa gula atau kopi murni ternyata memberikan efek untuk meningkatkan daya ingat secara maksimal. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengkonsumsi 200 ml kafein bisa membangun daya ingat seseorang bisa tetap stabil selama 24 jam. Daya ingat yang stabil ini akan membantu meningkatkan memori pada otak manusia.

sumber 1
sumber 2


0 komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Mining Bitcoin Manfaat buah jeruk

Blog Tips